Membuat Gaya Menu Sendiri dari Link Laman Blogger - Pages Link Style

Bookmark and Share
Membuat Gaya Menu Sendiri dari Link Laman Blogger - Pages Link Style. Setelah membahas cara Mengedit Laman / Pages, kali ini saya ingin membahas cara membuat aneka menu dari pages dengan gaya / style sesuka kita. Pada dasarnya, page/laman yang telah kita buat bisa ditampilkan dengan cara mengatur gadget bawaan blogger, yaitu gadget pages yang bisa kita akses melalui halaman layout => Add a gadget => Lalu "Pages". Namun beberapa blogger merasa menu bawaan Blogger tersebut monoton, oloeh karena itu, di postingan kali ini kita akan membahas cara membuat menu dari link page/laman dengan gaya menu sesuka kita yang meliputi: Menu Horizontal dengan CSS, Menu Dropdown, Menu Dtree, dan Menu Button/tombol.

Untuk memulai membuat menu2 dari link page/laman dengan gaya sesuka kita, kita harus mengambil link page/laman yang ingin kita jadikan sebagai bagian dari menu blog kita.

Untuk mengambil link page sangatlah mudah, loginlah ke akun blogger anda => Klik menu "Pages"/laman => Lalu klik kanan pada "judul page" untuk memulai mengambil link, klik "Copy link location". Perhatikan gambar berikut untuk lebih jelasnya:


Setelah itu simpanlah link-link yang telah sobat dapatkan di notepad atau di mana saja, yang penting ketika membuat menu nanti kita bisa memperoleh link tersebut dengan mudah.

Sebagai contoh link yang diperoleh dari cara di atas adalah:

http://t4belajarblogger.blogspot.com/p/kontak-empunya-blog.html

Jika link page telah anda peroleh, sekarang adalah saatnya membuat menu dengan gaya sesuka kita. Gunakan link-link yang telah anda peroleh untuk membuat menu-menu berikut:

1. Menu horizontal.

Menu ini hampir mirip dengan menu horizontal bawaan gadget page Blogger, bedanya dengan menu horizontal dengan CSS ini adalah, kita bisa mengotak-atik kode CSS yang ada sesuai dengan selera kita. Berikut tampilannya:


Untuk memulai membuat menu seperti di atas, silahkan baca tutorialnya di sini.

2. Menu Dropdown.

Menu ini sangat menarik, tampilannya simpel namun jika diklik maka akan muncul banyak pilihan. Lihat tampilannya berikut:


Untuk membuat menu seperti di atas silahkan untuk membaca tutorialnya si sini.

3. Selanjutnya adalah menu DTree.

Menu ini benar-benar mirip seperti menu yang ada di windows explorer di komputer kita. Selain tampilannya sangat meanarik juga bisa menyimpan banyak menu blog yang kita inginkan. Berikut contoh tampilannya:


Untuk membuat menu seperti di atas, silakan surfing tutorialnya di sini.

4. Selanjutnya adalah membuat menu button/tombol.

Menu tombol sebenarnya adalah menu biasa, namun yang membuatnya unik adalah bentuknya yang berupa tombol. Untuk membuatnya pun sangat mudah. Berikut contoh tampilannya:


Untuk memulai membuat menu seperti di atas, silahkan klik di sini.

Demikian cara membuat menu sendiri dari link page/laman. Semoga bermanfaat :D

Tags: Membuat menu page, menu gaya sendiri laman, laman baru di blog

View the Original article

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar